“PENGARUH
MEMBACA
AL-QUR`AN
TERHADAP PRESTASI SISWA
PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD X KECAPI PAKIS AJI JEPARA”
Dosen Pengampu: Nusrotus Sa’adah, M.Pd.
Tugas
Dibuat sebagai tugas Ulangan Akhir Semster
Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan
Disusun oleh :
ERINING MAILA
NIM : 212211
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA
JEPARA
2015
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur kami dari kelompok tujuh panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan kasih sayang dan keridhoan-Nya sehingga saya mendapatkan kekuatan
dalam menyusun tugas Metodologi Penelitian Pendidikan, juga berkat segala
rahmat dan karunia-Nya akhirnya tersusun jualah tugas ini yang berjudul, “PENGARUH
MEMBACA AL-QUR`AN TERHADAP PRESTASI
PELAJARAN SISWA PADA MATE PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD X KECAPI PAKIS AJI JEPARA”. Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Ulangan Akhir Semster Gasal di Universitas Islam Nahdlatul Ulama
Jepara.
Saya sangat
menyadari dalam penulisan Tugas ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari segi
isi maupun penyajiannya. Yang dari beberapa referensi saja pastinya tugas ini
banyak kekurangan, Untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan
kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga Allah memberikan kemanfaatan atas Makalah ini, khususnya bagi
penulis dan bagi pembaca umumnya. Amin.
Datar Isi
Halaman Judul .............................................................................................. i
Kata Pengantar .............................................................................................. ii
Daftar Isi.........................................................................................................
iii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
.................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah
..............................................................................
1
C.
Tujuan Penelitian ............................................................................... 2
D.
Hipotesis ............................................................................................ 2
E.
Tinjauan Pustaka................................................................................ 3
F.
Metode Penelitian .............................................................................. 4
1. Jenis
Penelitian............................................................................
4
2. Penentuan Populasi dan Sampel....................................................
5
a.
Populasi .................................................................................
5
b. Sampel ...................................................................................
6
3.
Metode Pengumpulan Data (Instrumen) .......................................
6
G.
Daftar Pustaka.....................................................................................
8
BAB 1
PENDAHULUAN
PENGARUH
MEMBACA
AL-QUR`AN TERHADAP PRESTASI PELAJARAN
SISWA PADA MATE PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD X KECAPI PAKIS AJI JEPARA
A. Latar Belakang Masalah
Tugas
ini akan mendeskripsikan penelitian yang berjudul Hubungan
Antara Membaca
Al-Qur`an Dengan Prestasi Pelajaran
Bahasa
Arab Pada Siswa Kelas
V Progam Pendidikan Bahasa Arab Di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
Alasan yang mendorong memilih judul tersebut karena ingin mengetahui apakah ada
hubungan antara kemampuan membaca
Al-Qur`an dengan kemampuan prestasi dalam mata pelajaran Bahasa Arab Siswa.
Apakah
karena banyaknya membaca Al-Qur`an memiliki
pengaruh terhadap prestasi pelajaran Bahasa
Arab Siswa Di SD X Kecapi Pakis Aji
Jepara. Oleh karena itu dalam tugas ini menggambarkan berkeinginan untuk menelaah
dan membahasanya.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan
masalah pada penelitian ini adalah:
1. Bagaimana
penerapan membaca
Al-Qur`an Siswa
kelas V
SD X Kecapi Pakis Aji Jepara ?
2.
Bagaimana
prestasi belajar Siswa kelas V di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara?
3.
Apakah ada hubungan
antara membaca Al-Qur`an
dengan prestasi belajar Siswa
kelas V
pada bidang studi Bahasa Arab di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara?
C. Tujuan Penelitian
Dari rumusan
masalah yang telah penulis kemukakan diatas, maka tujuan penulis adalah:
- Untuk mengetahui penerapan membaca Al-Qur`an Siswa kelas V di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
- Untuk mengetahui prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
- Untuk mengetahui hubungan antara membaca Al-Qur`an dengan prestasi belajar Siswa kelas V pada bidang studi Bahasa Arab di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
D.
Hipotesis
Hipotesis (Suharsimi Arikunto
1993 : 67 ) “Sebagai jawaban yang
bersifat sementara terhadap permasalahan
penelitian sampai terbukti melalui data yang terkumpu.” Berdasarkan kerangka
pemikiran di atas, penulis merumuskan hipotesis sebagai jawaban sementara
terhadap rumusan masalah dalam penelitian ini, bahwa: “semakin tinggi kopetensi
guru, maka semakin tinggi prestasi
belajar mengajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris. Sebaliknya , semakin
rendah kopetensi guru maka akan semakin rendah pula prestasi belajar siswa pada
pelajaran Bahasa Inggris.
Untuk menguji tingkat
kebenaran hipotesis tersebut, jika komponen guru disimbolkan dengan “X” dan
prestasi proses belajar mengajar Bahsa
Inggris disimbolkan dengan”Y”, maka rumus
hipotesisny sebagai berikut:
Ha : r x y > 0 (ada hubungan yang signifikan )
Ha : r x y < 0 (tidak ada hubungan yang signifikan)
E. Tinjauan Pustaka
Berikut ini beberapa penelitian sebelumya yang
berhubungan dengan permasalahan yang dapat penulis kumpulkan sebagai kajian
pustaka, di antaranya:
1.
Abdul Haq (Siswa
IAIN Sunan Ampel 2010) dalam skripsinya yang berjudul Peranan Variasi Metode
dalam Pengajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTS
Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya menyimpulkan bahwa dari analisa data
tentang pengaruh Variasi Metode dalam pengajaran Al-Qur`an hadits terhadap
prestasi belajar siswa di MTS Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya menunjukkan
adanya korelasi yang signifikan.
2.
Agung Cahyono (Siswa UMS 2006) dalam skripsinya yang berjudul Hubungan Kemampuan Hafalan Al-Qur`an
dengan Prestasi Pelajaran Matematika di Kelas I MTs Al-Irsyad Tahun
Ajaran 2005/2006, menyimpulkan bahwa analisis menemukan nilai korelasi rxy
= 0,199 dengan mengambil taraf
signifikan sebesar 5%, maka dari total distribusi ada hubungan positif
antara kemampuan hafalan Al-Qur`an dengan
prestasi pelajaran matematika, namun hubungan keduanya sangat rendah (lemah).
Menurut
pengamatan dalam tugas ini melalui kajian kepustakaan yang dilakukan, maka saya
memberi judul “Hubungan Antara Membaca Al-Qur`an Dengan Prestasi Pelajaran Bahasa
Arab Pada Siswa Kelas
V di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.”
F.
Metode Penelitian
Agar
dalam penelitian mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian, maka penulis akan menggunakan metode-metode penelitian yang sesuai
pula dengan data yang diharapkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan
metode sebagai berikut :
4. Jenis Penelitian
Jika
ditinjau dari segi tempat penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian
lapangan (Field Research), dengan pendekatan kuantitatif, sebab data-data yang
dikumpulkan dari lapangan langsung terhadap obyek yang bersangkutan yaitu SD X Kecapi Pakis Aji Jepara. Namun jika
dilihat dari sifat penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian
deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis
mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, bersifat verbal,
kalimat-kalimat, fenomena-fenomena, dan tidak berupa angka-angka.
5. Penentuan Populasi dan
Sampel
c.
Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang
terdiri atas: obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu
yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik
kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan
benda-benda alam yang lain (misalnya: guru, siswa kurikulum, dan fasilitas
lembaga sekolah).[1]
Batas-batas
dalam penelitian ini adalah:
1)
Yang menjadi
objek penelitian adalah Sekolah
Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya.
2)
Siswa kelas V STAI Ali bin Abi Thalib tahun 2011/2012
adalah
subjek
penelitian yang berjumlah 45
Siswa.
3)
Masalah yang
diteliti adalah studi pengaruh membaca Al-Qur’an terhadap prestasi pelajaran Bahasa
Arab pada Siswa kelas V progam pendidikan
bahasa arab di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
d. Sampel
Sampel yang baik yaitu sampel yang memiliki populasi yang
representative artinya menggambarkan keadaan populasi yang mencerminkan
populasi secara maksimal.[2] Berkaitan
dengan teknik pengambilan sampel, maka harus diperhatikan bahwa mutu penelitian
tidak selalu ditentukan oleh besarnya sampel, akan tetapi oleh kokohnya
dasar-dasar teorinya, oleh desain penelitiannya (asumsi-asumsi statistik),
serta mutu pelaksanaan dan pengolahannya.[3]
Berkaitan dengan penentuan sampel sebagai ancer-ancer
maka apabila subjek kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua, sehingga
penelitiannnya merupakan penelitian populasi. Sedangkan jika subjeknya besar
(lebih dari) 100, maka dapat diambil antara 10%-15% atau atara 20%-25% atau
lebih.[4] Memperhatikan uraian di atas, karena jumlah
populasi akan diteliti oleh penulis kurang dari 100 Siswa, maka sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas V progam studi pendidikan bahasa Arab
yang kurang lebih berjumlah 45 orang.
6.
Metode Pengumpulan Data (Instrumen)
Metode
adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun
dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.[5]
a.
Metode observasi
Observasi adalah suatu pengamatan dan pencatatan
dengan cara sistematik atas fenomena-fenomena yang diselidiki.
Metode
ini digunakan untuk menggali data-data yang dengan mudah diamati secara
langsung seperti keadaan gedung serta fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara. Dalam hal ini peneliti sebagai partisipan
(observer as participant).
b.
Metode interview
Interview adalah teknik pengumpulan data yang digunakan penelilti
untuk mendapatkan keterangan-keterangan lisan melalui bercakap-cakap dan
berhadapan muka dengan orang-orang yang dapat memberi keterangan kepada
sipeneliti. Metode
ini digunakan secara bervariatif untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan
penulisan terutama mengenai kondisi umum SD X Kecapi Pakis Aji Jepara
dan mendapatkan data tentang prestasi pembelajaran Bahasa Arab dan kemampuan Siswa
dalam membacaAl-Qur’an di SD X Kecapi
Pakis Aji Jepara.
c.
Metode angket
Angket adalah cara untuk mengumpulkan data dengan cara
menggunakan daftar pertanyaan yang telah di sampaikan oleh peneliti kepada
jumlah responden untuk mendapatkan jawaban sepenuhnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 1992.
Mardalis, Metode Penelitian Suatu pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.
Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian
kualitatif. Bandung:
Rosda. 4.
Narbuko, Cholid, Metodologi
Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2003.
Otman, Yahya, Mengajar
Membaca. Kuala Lumpur: PTS. Professional Publishing. 2004.
Shiippp