Advertisement here

Tugas Metodologi Penenlitian Unisnu Jepara (UAS)




 “PENGARUH MEMBACA AL-QUR`AN  TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD X KECAPI PAKIS AJI JEPARA”

Dosen Pengampu: Nusrotus Sa’adah, M.Pd.

Tugas
Dibuat sebagai tugas Ulangan Akhir Semster
Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan




 

Description: C:\Users\admin.admin-PC.000\Documents\UNISNU-3D.png










Disusun oleh :
ERINING MAILA
NIM : 212211 

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA
JEPARA
2015

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami dari kelompok tujuh panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kasih sayang dan keridhoan-Nya sehingga saya mendapatkan kekuatan dalam menyusun tugas Metodologi Penelitian Pendidikan, juga berkat segala rahmat dan karunia-Nya akhirnya tersusun jualah tugas ini  yang berjudul, “PENGARUH MEMBACA AL-QUR`AN  TERHADAP PRESTASI PELAJARAN SISWA PADA MATE PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD X KECAPI PAKIS AJI JEPARA”. Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Ulangan Akhir Semster Gasal  di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.
Saya sangat menyadari dalam penulisan Tugas ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari segi isi maupun penyajiannya. Yang dari beberapa referensi saja pastinya tugas ini banyak kekurangan, Untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga Allah memberikan kemanfaatan atas Makalah ini, khususnya bagi penulis dan bagi pembaca umumnya. Amin.






Datar Isi

Halaman Judul  ..............................................................................................  i
Kata Pengantar ..............................................................................................  ii
Daftar Isi......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang ..................................................................................  1
B.            Rumusan Masalah .............................................................................. 1
C.            Tujuan Penelitian ...............................................................................  2
D.           Hipotesis ............................................................................................  2
E.            Tinjauan Pustaka................................................................................  3
F.             Metode Penelitian ..............................................................................  4
1.    Jenis Penelitian............................................................................ 4
2.    Penentuan Populasi dan Sampel.................................................... 5
a.    Populasi ................................................................................. 5
b.    Sampel ................................................................................... 6
3.    Metode Pengumpulan Data (Instrumen) ....................................... 6
G.           Daftar Pustaka..................................................................................... 8




BAB 1
PENDAHULUAN

PENGARUH MEMBACA AL-QUR`AN  TERHADAP PRESTASI PELAJARAN SISWA PADA MATE PELAJARAN BAHASA ARAB DI SD X KECAPI PAKIS AJI JEPARA

A.    Latar Belakang Masalah
Tugas ini akan mendeskripsikan penelitian yang berjudul Hubungan Antara Membaca Al-Qur`an Dengan Prestasi Pelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V Progam Pendidikan Bahasa Arab Di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara. Alasan yang mendorong memilih judul tersebut karena ingin mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur`an dengan kemampuan prestasi dalam mata pelajaran Bahasa Arab Siswa.
Apakah karena banyaknya membaca Al-Qur`an  memiliki pengaruh terhadap prestasi pelajaran  Bahasa Arab  Siswa Di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara. Oleh karena itu dalam tugas ini menggambarkan berkeinginan untuk menelaah  dan membahasanya.
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah:
1.  Bagaimana penerapan membaca Al-Qur`an Siswa kelas V SD X Kecapi Pakis Aji Jepara ?
2.  Bagaimana prestasi belajar Siswa kelas V di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara?
3.  Apakah ada hubungan antara membaca Al-Qur`an dengan prestasi belajar  Siswa kelas V pada bidang studi Bahasa Arab di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara?

C.    Tujuan Penelitian
Dari rumusan masalah yang telah penulis kemukakan diatas, maka tujuan penulis adalah:
  1. Untuk mengetahui penerapan membaca Al-Qur`an Siswa kelas V di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
  2. Untuk mengetahui prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas V SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
  3. Untuk mengetahui hubungan antara membaca Al-Qur`an dengan prestasi belajar Siswa kelas V pada bidang studi Bahasa Arab di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.

D.    Hipotesis
Hipotesis (Suharsimi Arikunto 1993 : 67 )  “Sebagai jawaban yang bersifat  sementara terhadap permasalahan penelitian sampai terbukti melalui data yang terkumpu.” Berdasarkan kerangka pemikiran di atas, penulis merumuskan hipotesis sebagai jawaban sementara terhadap rumusan masalah dalam penelitian ini, bahwa: “semakin tinggi kopetensi guru, maka semakin tinggi  prestasi belajar mengajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris. Sebaliknya , semakin rendah kopetensi guru maka akan semakin rendah pula prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris.
Untuk menguji tingkat kebenaran hipotesis tersebut, jika komponen guru disimbolkan dengan “X” dan prestasi  proses belajar mengajar Bahsa Inggris  disimbolkan dengan”Y”, maka rumus hipotesisny sebagai berikut:
Ha : r x y > 0 (ada hubungan yang signifikan )
Ha : r x y < 0 (tidak ada hubungan yang signifikan)

E.     Tinjauan Pustaka
     Berikut ini beberapa penelitian sebelumya yang berhubungan dengan permasalahan yang dapat penulis kumpulkan sebagai kajian pustaka, di antaranya: 
1.      Abdul Haq (Siswa IAIN Sunan Ampel 2010) dalam skripsinya yang berjudul Peranan Variasi Metode dalam Pengajaran Al-Qur’an Hadist Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTS Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya menyimpulkan bahwa dari analisa data tentang pengaruh Variasi Metode dalam pengajaran Al-Qur`an hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTS Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya menunjukkan adanya korelasi yang signifikan.
2.      Agung Cahyono (Siswa UMS 2006) dalam skripsinya yang berjudul Hubungan Kemampuan Hafalan Al-Qur`an dengan Prestasi Pelajaran Matematika di Kelas I MTs Al-Irsyad Tahun Ajaran 2005/2006, menyimpulkan bahwa analisis menemukan nilai korelasi rxy = 0,199 dengan mengambil taraf  signifikan sebesar 5%, maka dari total distribusi ada hubungan positif antara kemampuan hafalan Al-Qur`an  dengan prestasi pelajaran matematika, namun hubungan keduanya sangat rendah (lemah).   
            Menurut pengamatan dalam tugas ini melalui kajian kepustakaan yang dilakukan, maka saya memberi judul  Hubungan Antara Membaca Al-Qur`an Dengan Prestasi Pelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.”  

F.     Metode Penelitian
 Agar dalam penelitian mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian, maka penulis akan  menggunakan metode-metode penelitian yang sesuai pula dengan data yang diharapkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode sebagai berikut :
4.      Jenis Penelitian
Jika ditinjau dari segi tempat penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kuantitatif, sebab data-data yang dikumpulkan dari lapangan langsung terhadap obyek yang bersangkutan yaitu  SD X Kecapi Pakis Aji Jepara. Namun jika dilihat dari sifat penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, bersifat verbal, kalimat-kalimat, fenomena-fenomena, dan tidak berupa angka-angka.
5.      Penentuan Populasi dan Sampel
c.       Populasi
 Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas: obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan benda-benda alam yang lain (misalnya: guru, siswa kurikulum, dan fasilitas lembaga sekolah).[1]
Batas-batas dalam penelitian ini adalah:
1)        Yang menjadi objek penelitian adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya.
2)        Siswa kelas V STAI Ali bin Abi Thalib tahun 2011/2012 adalah
     subjek penelitian yang berjumlah 45 Siswa.
3)        Masalah yang diteliti adalah studi pengaruh membaca Al-Qur’an terhadap prestasi pelajaran Bahasa Arab pada Siswa kelas V progam pendidikan       bahasa arab di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
d.      Sampel
Sampel yang baik yaitu sampel yang memiliki populasi yang representative artinya menggambarkan keadaan populasi yang mencerminkan populasi secara maksimal.[2]  Berkaitan dengan teknik pengambilan sampel, maka harus diperhatikan bahwa mutu penelitian tidak selalu ditentukan oleh besarnya sampel, akan tetapi oleh kokohnya dasar-dasar teorinya, oleh desain penelitiannya (asumsi-asumsi statistik), serta mutu pelaksanaan dan pengolahannya.[3]
Berkaitan  dengan penentuan sampel sebagai ancer-ancer maka apabila subjek kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua, sehingga penelitiannnya merupakan penelitian populasi. Sedangkan jika subjeknya besar (lebih dari) 100, maka dapat diambil antara 10%-15% atau atara 20%-25% atau lebih.[4]  Memperhatikan uraian di atas, karena jumlah populasi akan diteliti oleh penulis kurang dari 100 Siswa, maka sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas V progam studi pendidikan bahasa Arab yang kurang lebih berjumlah 45 orang.  

6.      Metode Pengumpulan Data (Instrumen)
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.[5]
a.         Metode observasi
Observasi adalah suatu pengamatan dan pencatatan dengan cara sistematik atas fenomena-fenomena yang diselidiki.  Metode ini digunakan untuk menggali data-data yang dengan mudah diamati secara langsung seperti keadaan gedung serta fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.  Dalam hal ini peneliti sebagai partisipan (observer as participant).
b.          Metode interview
Interview adalah teknik pengumpulan data yang digunakan penelilti untuk mendapatkan keterangan-keterangan lisan melalui bercakap-cakap dan berhadapan muka dengan orang-orang yang dapat memberi keterangan kepada sipeneliti. Metode ini digunakan secara bervariatif untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan penulisan terutama mengenai kondisi umum  SD X Kecapi Pakis Aji Jepara dan mendapatkan data tentang prestasi pembelajaran Bahasa Arab dan kemampuan Siswa dalam membacaAl-Quran di SD X Kecapi Pakis Aji Jepara.
c.         Metode angket
Angket adalah cara untuk mengumpulkan data dengan cara menggunakan daftar pertanyaan yang telah di sampaikan oleh peneliti kepada jumlah responden untuk mendapatkan jawaban sepenuhnya.









DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 1992.
Mardalis,  Metode Penelitian Suatu pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.
Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosda. 4.
Narbuko, Cholid, Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2003. 
Otman, Yahya, Mengajar Membaca. Kuala Lumpur: PTS. Professional Publishing. 2004.


[1] Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 80.
[2] Cholid Narbuko. Metodologi Penelitian, (Jakarta ; PT Bumi Aksara 2003), 107.
[3] Riduwan dan Akdon. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, (Bandung: Alfabeta, 2009), 253.
[4] Ibid., 254.
[5] Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran, (Jakarta:Kencana, 2007), 145.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Ulum Jepara
    Ulum Jepara 3 Juli 2015 pukul 16.39

    Shiippp

Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here